Kebijaksanaan

Dalam situasi tertentu seseorang dituntut harus dapat memberi keputusan dengan segera. Keputusan yang diambil diharapkan dapat memberikan solusi terbaik bagi semua. Keputusan lahir dari suatu pertimbangan yang matang dengan melakukan evaluasi dan analisa terhadap permasalahan yang terjadi. Keputusan yang baik keluar dari seorang yang bijaksana dan keputusannya sering disebut kebijaksanaan.

Kebijaksanaan lahir dari lingkungan dimana kita tumbuh. Bergaullah dengan orang-orang yang bijaksana agar dapat menimbah pengetahuan dan pengalaman mereka. Tunjukkan kasih setia sehingga mendapatkan kepercayaan. Jangan menganggap diri lebih pandai dan hebat daripada orang lain, tetaplah rendah hati dan mau menerima masukan dari siapapun sebagai bahan pertimbangan.

Terkadang kita dikejutkan dengan situasi tertentu dan didadak harus segera bertindak. Jangan panik dan jadikan TUHAN sebagai sandaran serta buatlah rencana dengan menyertai Nya. Karena sering kali kita harus mengambil keputusan penting dalam situasi yang genting. Milikilah keyakinan yang kuat pada kasih setia TUHAN atas segala peristiwa yang terjadi dan semua kekuatiran akan sirna. Kebijaksanaan adalah ketrampilan yang dihasilkan dari latihan diri dan harus selalu diasah. Seorang yang bijaksana adal

ah orang yang mendapat berkat dan hikmat karena selalu setia kepada TUHAN dan memelihara perintah Nya. Setia dalam perkara perkara kecil juga terhadap perkara perkara besar. Jangan rendah diri, jadilah teladan dalam perkataan, tingkah laku dan perbuatan dalam kesetiaan dan kesucianmu.

Kebijaksanaan adalah ketrampilan yang harus diasah dan orang bijak akan mewarisi kehormatan. Amen. Gbu(daniel pasaribu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.