Tekun Menggapai Cita

Presiden pertama RI Soekarno pernah berkata: “Gantungkanlah Cita-citamu setinggi langit, Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh diantara bintang-bintang”. Maksudnya agar semua kita harus memiliki cita-cita dan impian yang tinggi agar kita bisa bekerja keras untuk dapat mewujudkannya. Bila gagal, kita tidak akan menyesal karena perjuangan yang telah kita lakukan tidak akan pernah menghianati kita. Orang yang memiliki tujuan tidak akan pernah menyianyiakan waktu dan tenaga untuk hal yang tak berguna. Dia akan fokus untuk mengejar cita-citanya.Tidak ada orang yang tidak memiliki cita-cita. Aku yakin semua orang pasti memiliki mimpi dan cita-cita nya termasuk aku. Cita-cita punya peranan penting bagi kehidupan seseorang karena pada hakikatnya cita-cita merupakan suatu impian atau harapan akan masa depan. Setiap orang ingin sukses begitu juga orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi seseorang yang sukses pula.

Walaupun kriteria kesuksesan bagi tiap2 orang berbeda.Ketika dinamika hidup mengaburkan pandangan kita, berikhtiar lah lebih keras dan berdo’a kepada TUHAN dan yakinlah usaha yang kita lakukan takkan pernah mengkhianati hasil, Dia akan memberikan yang terbaik. Jangan pernah menyerah, tetaplah tekun karena hidup ini adalah perlombaan yang wajib kita ikuti dan kita tidak boleh lemah dan putus asa karena kita akan dipimpin sampai ke garis akhir (Ibrani 12:1-3).Apapun yang kita lakukan, lakukanlah dengan penuh ketekunan dan kuncinya adalah bersabar dalam pengharapan. Terkadang ujian pertama kita gagal, banyak tantangan tetapi tetaplah tekun, bangkit dan mencoba lagi. Bersabarlah walaupun suasana kurang mendukung dan seakan kita akan kalah, tapi ketekunan akan membalikkan keadaan serta kesuksesan akan datang menghampiri. Jangan jadi pecundang yang kalah sebelum bertanding atau berhenti sebelum perlombaan usai.Ketekunan itu harus mulai dari diri sendiri, kemauan untuk mencapai suatu tujuan yang kita cita-citakan. Melalui kombinasi ilmu, kerajinan, fokus dan semangat, seseorang dapat mencapai hasil yang diinginkannya.

Orang yang hebat dibidang IT karena terus menerus menekuni bidang itu akan menjadi seorang teknisi profesional yg handal, begitu juga seorang atlit sepak bola terkenal karena rajin berlatih dan menekuni teknik bermain bola, fokus dan penuh semangat.Untuk jadi orang sukses, bergaullah dengan orang sukses dan dapatkan ilmu mereka untuk menambah pengetahuan, bekerjalah sesuai nasihat mereka agar dapat menggapai cita-cita. Jangan bergaul kepada orang-orang yang jahat dan pemalas yang akhirnya merusak kebiasaan baik dan membuat kita jadi pemalas (1 Korintus 15:33; Amsal 6:9-11).Orang sukses itu karena kerja keras dan ketekunannya. Orang yang tekun akan bertahan dalam situasi apa pun, meski harus jatuh-bangun. Bagaikan menanam pohon, tidak mungkin langsung bisa tumbuh besar dan berbuah. Kita merawatnya dengan tekun, memberi pupuk, menyirami dan terkadang memberi anti hama agar tumbuh baik, berbuah dan kita dapat menikmati hasilnya.Dalam suatu pertandingan, sang juara pastilah orang yang tekun berlatih, yang setiap jam, hari, minggu, bulan, bahkan tahun-tahun hidupnya dihabiskan untuk berlatih.

Waktunya dicurahkan untuk berlatih, mengikuti instruksi pelatih, fokus dan semangat serta yakin bahwa dia akan menjadi juara. Oleh karena itu jika kita ingin mencapai cita-cita, tekunlah dan bertahanlah sampai akhir, karena ketekunan akan menuai keberhasilan!“Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!” (Roma 12:12) Amen. Gbu(daniel pasaribu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.